Tempat Wisata Murah dan Menarik di Kota Jakarta, Jogja, Bandung, Bogor, Bali, Yogyakarta, Lombok, Riau, Papua, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Kota-kota lainnya di Indonesia

Rabu, 18 Juni 2014

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Kebun Binatang Ragunan

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Kebun Binatang Ragunan - Siapa yang tidak senang jika ada waktu liburan, apalgi bersama keluarga tercinta. Lebih asik lagi jika tempat liburan itu bisa menambah pengetahuan anak anda. Coba lah sesekali anda ajak keluarga anda ke tempat wisata kebun binatang Ragunan di Jakarta Selatan.

Anda tidak perlu khawatir akan harga tiket dalam wahana tersebut. Harga tiket masuk kebun binatang ragunan termasuk murah, terjangkau untuk kocek yg  tipis. Jadi tidak usah ragu lagi, Segera boyong seluruuh keluarga untuk mengunjunginya

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan


Kebun Binatang Ragunan, juga dikenal dengan nama Taman Margasatwa Ragunan, adalah satu-satunya kebun binatang yang terdapat di Jakarta. Taman Margasatwa Ragunan tercatat sebagai kebun binatang pertama yang didirikan di Indonesia, tepatnya pada zaman penjajahan Belanda di tahun 1864. Berdiri di atas lahan seluas 140 hektar, Kebun Binatang Ragunan memiliki koleksi ratusan spesies dan ribuan spesimen hewan.

Sejarah Kebun Binatang Ragunan

Awalnya, Kebun Binatang Ragunan didirikan dengan nama Planten En Dierentuin (Tanaman dan Kebun Binatang) di atas lahan seluas 10 hektar di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Kebun binatang ini kemudian dipindahkan ke lahan seluas 30 hektar di wilayah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Taman Margasatwa Ragunan kemudian diresmikan oleh Gubernur Ali Sadikin pada 22 Juni 1966.

Ada Apa di Kebun Binatang Ragunan?

Taman Margasatwa Ragunan kian berkembang dan menyediakan berbagai wahana rekreasi menarik. Selain menampilkan berbagai jenis binatang seperti gajah, jerapah, zebra, kijang, serta komodo di dalam kandang, kebun binatang ini juga menyediakan rental sepeda, arena bermain, pusat belanja, pertunjukan binatang, dan kantin yang menawarkan bermacam-macam hidangan. Wahana terbaru di Taman Margasatwa Ragunan adalah Schmutzer Primate Centre, pusat pemeliharaan berbagai jenis primata dengan konsep natural seperti di hutan sungguhan.

Schmutzer Primate Center

Seperti dijelaskan di atas, Schmutzer Primate Center merupakan pusat pemeliharaan kera atau primata yang berada di kompleks Kebun Binatang Ragunan. Berbeda dengan hewan-hewan di KB Ragunan yang dipelihara di dalam kandang, sebagian besar kera, monyet, dan gorila di Schmutzer Primate Center dipelihara di tempat terbuka yang dibuat mirip seperti habitat asli kera. Pengunjung bisa menyaksikan kera-kera tersebut dari dalam terowongan yang dilapisi kaca atau dari jembatan yang membentang di atas tempat tinggal para kera.

Schmutzer Primate Center memiliki suasana yang agak berbeda dengan kompleks Kebun Binatang Ragunan. Di kawasan ini, pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan ataupun minuman. Seluruh bekal yang dibawa harus dititipkan di depan pintu masuk pusat primata. Bagi pengunjung yang merasa haus ketika menjelajahi Schmutzer Primate Center, tersedia fasilitas keran air minum yang bisa diminum secara langsung.

Children Zoo

Pada musim Lebaran tahun ini, Kebun Binatang Ragunan memperkenalkan wahana baru yaitu Chilren Zoo. Sesuai dengan namanya, wahana ini dibuat khusus untuk anak-anak. Wahana Children Zoo menampilkan hewan-hewan jinak seperti rusa, kuda, unta, juga burung kakak tua yang dianggap aman untuk anak-anak. Di tempat ini, anak-anak bisa belajar berinteraksi dengan hewan. Diharapkan, kegiatan tersebut dapat menimbulkan rasa cinta dan kepedulian anak-anak terhadap alam dan lingkungan.

Lokasi Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan berlokasi di Jalan R.M. Harsono No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Meski berada di bagian selatan Jakarta, Ragunan dapat diakses dengan mudah dari berbagai kawasan di Jakarta dengan menggunakan angkot, kopaja, taksi, atau bus TransJakarta. Pengunjung yang menggunakan bus TransJakarta bisa naik bus koridor VI jurusan Dukuh Atas II – Ragunan. Kebun Binatang Ragunan menjadi tempat pemberhentian terakhir dari busway koridor VI.

Kegiatan Wisata di Ragunan

Bagi penduduk Jakarta, Kebun Binatang Ragunan merupakan salah satu objek wisata keluarga terfavorit selain Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah. Objek wisata ini tak hanya menjadi sarana rekreasi tetapi juga sumber pengetahuan dan tempat berkumpul. Melihat binatang tak lagi menjadi satu-satunya tujuan wisatawan untuk berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Banyak penduduk lokal memanfaatkan objek wisata ini untuk menyelenggarakan acara gathering seperti arisan, reuni, atau perkumpulan keluarga besar.

Setelah lelah berjalan-jalan, pengunjung bisa menyewa tikar di bawah pohon-pohon rindang untuk menikmati hidangan makan siang. Bagi pengunjung yang tidak membawa bekal, tersedia kantin yang menjual berbagai jenis hidangan seperti soto ayam, pecel ayam, bakso, dan gado-gado. Namun, pengunjung disarankan berhati-hati karena harga makanan yang dikenakan oleh pedagang di kantin-kantin Kebun Binatang Ragunan seringkali lebih mahal dengan harga yang tertulis di daftar menu.

HARGA TIKET MASUK KEBUN BINATANG RAGUNAN


  • Tiket Kebun Binatang Ragunan (dewasa): Rp4.000 per orang
  • Tiket Kebun Binatang Ragunan (3-12 tahun): Rp3.000 per orang
  • Tiket Schmutzer Primate Centre: Rp7.500 per orang
  • Rental Sepeda: Rp15.000 per jam


Jam Buka Taman Margasatwa Ragunan
Setiap hari pukul 07.00-18.00 WIB

Itulah Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Kebun Binatang Ragunan yang bisa saya informasikan kepada anda. Selamat menikmati liburan bersama keluarga. Baca juga PETA TAMAN MINI INDONESIA INDAH.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Kebun Binatang Ragunan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: arief hariyadi

0 komentar:

Posting Komentar