Tempat Wisata Murah dan Menarik di Kota Jakarta, Jogja, Bandung, Bogor, Bali, Yogyakarta, Lombok, Riau, Papua, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Kota-kota lainnya di Indonesia

Jumat, 26 September 2014

7 Air Terjun Curug Cilember Cisarua Bogor

7 Air Terjun Curug Cilember Cisarua BogorSalah satu destinasi wisata air terjun terdekat adalah air terjun yang berada di sekitar Puncak Bogor. Curug Cilember atau Curug 7 Cilember adalah salah satu air terjun tersebut.

Curug Cilember atau Curug 7 Cilember ini terletak di Desa Jogjogan Kecamatan Cipayung, Cisarua – Bogor. Pemandangan alam di sekitar air terjun ini sangat asri dikelilingi dengan hutan – hutan pinus. Selain air terjun, wilayah Curug Cilember ini juga sering dijadikan sebagai tempat perkemahan. Jika anda gemar dengan fotografi, tempat ini memiliki berbagai objek foto yang patut anda buru. Adanya mitos curug cilember yang dipercayai masyarakat sekitar ataupun para wisatawan, sehingga harus berhati-hati saat berkunjung ke curug tersebut.

Fasilitas & Pra Sarana

curug cilember penginapan
Sebagai tempat yang juga dimanfaatkan sebagai bumi perkemahan. Di Curug Cilember banyak tenda yang disewakan. Biayanya berkisar Rp 100.000 – Rp 200.000 per tenda untuk per malam nya, tergantung kapasitas tenda nya. Berusahalah menawar sebaik mungkin. Untuk lebih hemat jika anda adalah orang yang gemar berkemah sebaiknya anda membawa tenda sendiri. Sebab harga beli sebuah tenda sama dengan biaya menyewa tenda 3 hari. Dengan membeli tenda sendiri, anda bisa menggunakannya berkali-kali.

Jika anda berkemah dengan tenda, jangan khawatir untuk mandi dan lainnya. Sebab, meskipun tempat ini masih tergolong hutan pihak pengelola menyediakan sarana kamar mandi untuk mandi. Bahkan terdapat pra sarana ibadah.

Harga/Tarif dari Villa Curug Cilember

Di wilayah Curug Cilember juga disewakan penginapan berupa villa rumah kayu. Saya tidak mengetahui pasti biaya sewanya, sebab saat itu saya hanya menyewa tenda agar petualangan di alam bebas yang saya lakukan lebih terasa. Namun, villa rumah kayu yang disewakan cukup besar. Jika ditempati “secara darurat” mungkin dapat memuat sekitar kurang lebih 30 orang. Seorang teman mengatakan, biaya sewa villa tersebut berkisar Rp 800.000 – Rp 1.500.000 per malam nya, tergantung pada jumlah kamar. Namun, mungkin masih dapat ditawar lagi.

Penangkaran Kupu – Kupu

Di Curug Cilember juga terdapat penangkaran kupu – kupu, meski tidak terlalu besar, cukup untuk memperkaya wawasan anda mengenai hewan terbang cantik ini. Biaya masuk ke penangkaran kupu-kupu ini terpisah dengan tiket masuk area Curug Cilember. Jadi anda akan dikenakan biaya per orang jika ingin memasuki penangkaran kupu-kupu ini.

Air Terjun di Curug Cilember

Di Curug Cilember ada 7 buah air terjun. Namun untuk mencapai seluruh air terjun tersebut tidak mudah. Medannya terjal dan harus terus mendaki dan menurun, sangat melelahkan bagi anda yang tidak terbiasa mendaki gunung.

lokasi curug cilember

Air Terjun yang umumnya orang kunjungi hanya Curug 7 dan Curug 5. Sebab, kedua curug inilah yang memiliki jarak paling dekat dengan pintu masuk. Untuk Curug 4 hingga Curug 2, jalannya masih cukup jauh. Jika anda berjiwa petualang. Anda harus mengunjungi semua curug tersebut.

Pastikan anda membawa peralatan dan perlengkapan yang cukup untuk menjelajah alam. Seperti Senter LED Cree, kompas, jas hujan, sepatu anti air, minuman makanan, pisau, tali dan alat lainnya. Jika anda belum memilikinya, anda dapat mengunjungi situs www.sentrabelanja.com yang menjual peralatan tersebut.

Biaya – biaya Curug Cilember:

Parkir Motor Rp 10.000
Tiket masuk per orang Rp 13.000
Tiket masuk penangkaran kupu-kupu Rp 10.000

Rute Ke Curug Cilember dari Jakarta – Bogor 

Jika anda berasal dari Jakarta dan menggunakan kendaraan pribadi hendak melalui jalan umum, saya menyarankan rute ke curug cilember untuk perjalanan dari daerah Jakarta Barat, yaitu Jalan Panjang – Lebak Bulus – Parung – Bogor – Puncak – Cisarua. Sebab, waktu tempuh perjalanan akan lebih singkat dan anda hanya melewati sedikit titik kemacetan.

curug cilember map

Jika Anda dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan tol, maka anda harus mengambil arah ke puncak lalu keluar gerbang tol Ciawi. Dari gerbang tol Ciawi, Anda terus menuju arah Puncak. Di daerah Cisarua, Anda dapat berbelok ke kiri ke arah jalan masuk Wisma Lokawiratama. Setelah itu, Anda akan melewati vila dan rumah penduduk sepanjang jalan. Setelah itu Anda dapat tiba di gerbang Curug Cilember. Jalan untuk menuju tempat ini sudah beraspal, tetapi juga berliku dan sempit, sehingga bila ada 2 mobil, Anda harus berhati-hati. Pada sore hari, sering sekali ada pasar malam di jalanan ini, sehingga jika anda menggunakan mobil anda harus memutar.

Itulah 7 Air Terjun Curug Cilember Cisarua Bogor yang merupakan tempat wisata menarik lainnya di wilayah Bogor. Baca juga artikel lainnya berjudul Tempat Wisata Menarik Taman Safari Indonesia Di Cisarua Bogor.

7 Air Terjun Curug Cilember Cisarua Bogor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: arief hariyadi

0 komentar:

Posting Komentar